Selasa, 13 Januari 2015

Petualangan Mancing di Kolam Ikan Lele Pake Umpan A.K.A Telepan

Salam Strike di kolam  Ikan  Lele Mas Bro Mas Bro...

Seneng banget nih berkesempatan berbagi pengalaman mancing ikan lele di kolam pake umpan alias telepan (istilah di Klaten). Sebenernya kami gak hanya mau berbagi cerita aja nih, tapi yang terpenting malah  bagi-bagi ilmu dan pengalaman tentang mancing di kolam ikan lele pake umpan a.k.a telepan non galatama, siapa tau bisa bermanfaat.

Disini kita ngobrol masalah mancing ikan lele di kolam dengan umpan yang menggunakan sistem arisan atau wul-wulan aja dulu mas. Biasanya sih mancing di kolam ikan lele sistem telepan  ini ikan yang diperoleh dibawa pulang. Gak beda ama beli ikan beramai-ramai, terus ikan dimasukin kolam pancingan  kemudian dipancing beramai-ramai buat rebutan. Lumayan seru mas bro ... disamping seru mancing ikannya juga seru saling meledek, jadi persahabatan makin terasa, suasana persahabatan akrab meriah, dan yang terpenting... hemat biaya gan. Soalnya ikan lele yang dipancing sistem  arisan pakai umpan a.k.a telepan ini bobotnya kecil-kecil sekitar sekilo isi 4-2, meskipun terkadang diberi sensasi 2 Kg, tapi jarang dilakukan. Makanya dengan arisan Rp. 20.000,- saja bisa mancing semalem sampe bongkok soalnya ikannya banyak. Lumayan bisa digoreng di rumah atau dipiara biar ikan hasil mancing di kolam ini cepet gedhe, mahal dijual. 

Meskipun mancing ikan lele di kolam sistem telepan atau pakai umpan ini irit, tetep aja lebih bangga kalo dapet ikan lelenya banyak, lumayan bisa buat ngeledek temen-temen, hehe. Makanya tetep perlu alat-alatr pancing yang handal membanggakan, mas bro. 

Untuk senar pancing, misalnya, mas bro harus makai senar pancing yang ulet sehingga cukup ukuran kecil saja bisa buat strike banyak ikan tanpa putus. Senar pancing bagus sangat ulet dan kuat yang kami rekomendasikan seperti senar pancing OGSt, ulet bener senar pancing ini mas bro. Kami pengalaman pakai ukuran 018 bisa buat strike dan lempar ikan ke darat seberat 1 Kg, dilempar lho gan, gak cuma pakai jaring. Untuk wilayah Delanggu, Karangdowo, Juwiring, Wonosari, dan sekitarnya bisa dapet senar pancing OGSt asli  langsung di toko pancing langganan kami: Toko Pancing Tanjung, alamatnya 100 m timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten. Untuk yang jauh-jauh bahkan luar Jawa sekalipun bisa order online di http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Toko Pancing Tanjung  langganan kami yang barang-barangnya kami percaya banget bagus dan pilihan.

Ngobrol masalah senar pancing, mengapa kami rekomendasikan senar pancing OGSt yang Asli? Yah, kalo andaikan masih kebagian stok senar pancing OGSt, kami lebih merekomendasikan itu, sebab kami sepakat keduanya itu senar pancing kelas turnamen yang murah tapi paling ulet, bagus, dan hoki dipake. Sayangnya sekarang ini agak sulit didapet, makanya kami rekomendasikan Orca Eagle. Senar pancing Orca Eagle yang asli ini tepat buat ikan lele yang bertenaga. Senar pancing Orca Eagle sangat ulet dan tahan hentakan ikan. Disamping itu warnanya yang agak kuning kehijauan lamat-lamat itu terbukti tidak buat ikan takut, mungkin karena menyerupai lumut tipis warnanya, makanya lumayan hoki dipakenya. Yang terpenting murahnya itu mas bro, jarang sekali senar pancing semurah itu punya kualitas master kecuali Orca Eagle, mas bro. Kenapa perlu tipis? Tentu dong mas bro, senar pancing tipis tidak buat ikan takut, terus enak dipakenya, kalo bule bilang sih comfortable.  Senar pancing tipis tapi kuat bener, itu kuncinya ... Orca Eagle (orca igel). Kalo ukuran ikan mencapai sekitar 1,5 Kg, agan gunakan saja senar pancing orca Eagle ukuran 0,20 untuk main halus dan 023 untuk main cepat, dan untuk ikan 2 kg mas bro gunakan aja ukuran 023 untuk main halus dan 025 untuk main cepat.

Kalo joran bro? Wah ini juga penting, tapi jarang diperhatikan pemancing. Kalo mas bro pengen senar pancing yang tipis dipake gak mudah putus, gunakan joran yang agak lentur, baik dari bahan fiber atau carbon. Joran lentur paling enak dipake buat strike ikan kecil (kisaran dibawah 2 Kg), dan juga membuat senar pancing tipis gak mudah putus, sebab ketika ikan menyentak maka joran yang lentur akan mudah melengkung mengikuti tarikan ikan, sehingga senar pancing tak terlelu terbebani, hasilnya senar pancing tidak putus meskipun tipis. (sebenernya ini rahasia mas bro, tapi tak apalah kami kupas biar jadi pertimbangan buat mas bro waktu milih joran). Sensasi strike joran lentur sangat terasa .... Tapi ini cuma buat ikan kecil dibawah 2 Kg mas bro, kalo dah di atas 2 Kg buat angkat stik maksudnya ikan naik ke darat harus diangkat tanpa jaring atau tangan, maka joran yang kaku menjadi pilihan terbaik, dan senar pancing yang digunakan harus lebih tebal.

Kail pnting tidak? hmmm, lumayan penting bro. Kail untuk ikan lele bobot kisaran 1 kg isi 3 (atau sekitar 3 ons) enak banget pake kail ukuran 8, sedang untuk ikan bobot satu kilo isi 2 (atau 5 ons) enak banget pake ukuran 9 atau 10. Ikan mudah kena, gak mudah lepas pakai ukuran kail tersebut. Apalagi kalo mas bro pake kail sekelas V-TRO (vitro), mantaaappppp. Agak mahal dikit sih, tapi tetep terjangkau. Kalo mau yanglain berkualitas dan agak-agak murah agak agak mahal ya pakai kail pancing (mata pancing) merk Sabpolo dan Maguro Premium. Kail pancing V-TRO, Sabpolo, Maguro Premium punya banyak kelebihan, seperti tidak mudah lepas, tahan dengan tulang di mulut ikan a.k.a gak mudah tumpul, dan jarang meregang atau jarang melurus bila ikan kuat menyentak-nyentak, apalagi yang V-TRO (vitro).

Gimana biar umpan cepet dimakan ya?? hmmm kalo kami lihat mancingnya siang atao malem, gan. Kalo malem, pakai aja cacing POSPOR, cacing ini punya darah berwara kuning terang, mudah dilihat ikan lele waktu malem, dijomin hoki nempel di mas bro. Kalo siang, pakai pelet aroma kuat.

Masalah peracikan umpan yang tangguh buat para jawara mancing, masuk ke blog yg dulu jadi bacaan ane gan, langsung klik aje: https://infopancing-memancing.blogspot.co.id/2014/07/info-tips-meracik-umpan-jitu-mancing.html. Merk Essen yang dipake agan itu kayaknya dah ganti, mungkin dah menemukan yang lebih bagaus atau lebih murah tapi kualitasnya memadai.

Kalo ngolam lele mah asiknya .... salam strike mas bro... salam persahabatan mancing mas. Makasih dah luangkan waktu buat baca-baca blog kami. Lain waktu nyambung lagi dah di petualangan lainya.



0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, berhubung sangat maraknya komentar-komentar yang tidak sesuai (spam) seperti komentar iklan agen judi dan lainnya, maka komentar akan kami saring dulu sebelum ditampilkan. Demi kenyamanan pembaca. Terimakasih gan.