Selasa, 13 Januari 2015

Mancing Ikan Lele Cekrikan (Tanpa Umpan) di Kolam Ikan Lele

Salam strike, salam ketemu lagi mas bro ...

Ini saatnya kita berbagi pengalaman mancing ikan lele di kolam ikan lele dengan cara nyekrik ato tanpa umpan. Temen-temen tim kami banyak yang suka nyebutnya nyetek ato setekan, itu istilah mancing tanpa umpan, Loh Kok Bisa? Bisa banget bro, malah kecepatan mancing ikan lele dengan nyekrik ini jauh lebih cepet dapetnya. Jika mancing ikan lele pake umpan dalam 5 menit belim tentu dapet 1, kalo nyekrik mungkin dah dapet 2 mas bro. 

Nyekrik atau nyetek ato setekan ini mancing dengan cara menunggu ikan menabrak senar pancing ato kail pancing, juga mencari kemungkinan ikan lele mendekam tepat dibawah kail pancing. Kemungkinan lain adalah mencari peluang dapet ikan dengan canya menyeser ikan, jadi pada tempat yang dicurigai ikan mendekam, didekat tempat itu kail dijatuhkan kemudian diseret pelan-pelan. Kalo tiba-tiba terasa kail menyangkut sesuatu atau terasa ada gerakan atau tiba-tiba pelampung masuk ke air karena terseret ikan yang kegelian kena kail, maka langsung aja joran dihentakkan kuat-kuat lurus ke atas, biasanya ikan lele langsung kecantol kail. 

Buat mancing di kolam ikan lele dengan cara nyekrik ini, yang terpenting adalah dengan cepet paham jalur-jalur yang biasa dilalui ikan, seperti pinggiran kulam jarak 5 jari atau satu telapak tangan dari dinding kolam ikan lele, atau di tengah kolam yang biasa ikan ngambil napas ke permukaan, atau di tempat yang jelas biasa dilalui ikan lele yang lewat. Hapal saja lokasi itu, kemudian jatuhkan kail di lokasi tersebut, maka dalam waktu cepat mas senar pancing mas bro akan tertabrak ikan. kalo tiba-tiba pelampung dengan cepat masuk ke air, maka langsung aja sentakkan joran lurus ke atas, jangan ke samping, sebab kalo kesamping yang akan kecantol kail adalah tetangga lapak mas bro, bukan ikan. 

Kalo mancing dengan cara nyekrik ini banyak hal penting yang harus diperhatikan, seperti:
  • Senar pancing
Gunakan senar pancing yang benar-benar kuat sebab dalam macing ikan lele dengan cara nyekrik ini mas bro harus menghentak dengan kuat ke atas saat pelampung bergerak. Senar pancing yang kurang bermutu mudah sekali putus menghadapi hentakan yang kuat sekali. Kami rekomendasikan tetepa menggunakan senar pancing Orca Eagle, atau jika mas bro beruntung dapet senar pancing terbaik HC atau OGSt, itu lebih kami anjurkan. Mas bro yang tinggal di dekat wilayah Kecamatan Juwiring, Kec Delanggu, Kec Wonosari, Kota Sukoharjo atau sekitarnya bisa langsung ke toko pancing langganan kami di Toko Pancing Tanjung: 100 m Timur Pasar Tanjung, Juwiring. Mas bro bisa juga order online ke http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Blog Toko Pancing Tanjung. Senar pancing HC merupakan senar pancing yang sangat tipis tapi kuatnya luar biasa, lemas atau lentur, dan pas buat nyekrik atau setekan. Tipis menjadikannya tak tampak oleh mata ikan. Senar pancing HC sangat hoki, ikan mudah menabrak. Kekauatannya bisa diandalkan, tahan hentakan ikan besar, tapi tak setipis HC. Kedua raja senar pancing bermutu itu saat ini sulit didapat, jadi kami rekomendasikan senar pancing Orca Eagle saja. 
Untuk nyekrik biasanya ikan harus diangkat dengan joran pancing sampai ke darat, tanpa bantuan jaring atau tangan, kecuali buat mancing galatama. 

  •  Kail Pancing / Mata Pancing
Kail pancing buat mancing ikan lele cara nyekrik dan ikan diangkat dengan joran ke darat, diutamaan yang berukuran agak besar dan tebal, lebih besar dan tebal dari umumnya  sebab sistem angkat joran ini biasanya kail standar akan melurus sehingga ikan jadi lepas ketika diangkat ke permukaan, Kami anjurkan menggunakan kail pancing Sabpolo Iseama (sabpolo tebal) berukuran 12-15. Sabpolo Iseama ukuran 12 ini sedikit lebih besar dari sabpolo Idu atau kail pada umumnya berukuran 15. Kail yang kecil akan bengkok saat ikan diangkat ke darat, sebab ini bukan galatama yang hanya strike saja kemudian ikan diangkat pakai jaring. Selain Sabpolo, Kail pancing yang lebih murah dan lumayan bagus bisa di tanyakan di kedua toko pancing langganan kami yang telah kami sebutkan diatas. Dapatkan di Toko Pancing Tanjung: 100 m Timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten.  Mas bro bisa juga order online ke http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Blog Toko Pancing Tanjung.

  •  Pelampung
Ketetpatan pilihan pelampung menjadi salah satu kunci utama memancing ikan lele di kolam pancingan dengan cara nyekrik atau setek ini. Gunakan pelampung busa benang kecil berbentuk segi tiga (kerucut). Kelebihan pelampung busa benang berbentuk segitiga atau kerucut ini adalah mudah tertarik oleh senar pancing yang tersangkut ikan lele tanpa membuat senar pancing terlepas dari tabrakan ikan lele. Pelampung berukuran kecil lebih peka dan tidak membuat senar pancing terlepas dari tabraka ikan lele. Pelampung busa benang khusus ini dimiliki oleh kedua toko pancing yang telah kami sebutkan diatas.

  • Joran Pancing
Joran pancing buat mancing nyekrik atau setekan sistem angkat stik ini sebaiknya yang kaku, baik dari bahan fiber ataupun carbon. Jika mas bro suka dengan joran carbon yang keren dan agak mahal, gunakan saja stik micro solid (tidak berlobang) merk Blank XA. Golden Fish Micro Solid juga handal digunakan, tapi agak sulit di dapat di Jawa Tengah. Kelebihan Micro Solid Blank XA adalah meskipun kaku tapi masih mengandung kelenturan dari ujung sampai pangkal, sehingga senar pancing yang tipis tidak mudah putus buat angkat ikan ke darat. Mengapa? Karena saat ikan meronta ketika diangkat ke darat, joran masih mau melentur mengikuti gerak ikan, tidak aku seperti besi. Hal ini menjadikan senar pancing tidak terlalu terhentak ketika ikan meronta, sehingga meskipun ukuran senar kecil masih bisa terselamatkan saat ikan meronta. Kunci kelebihan Micro Stick Blank XA adalah masih ada lenturnya mas brooo. Untuk yang fiber harganya sangat murah seperti micro solid merk Golden River. hanya kisaran 10.000,- harganya (naik turun dikit sekitar itu), tapi sudah cukup buat angkat ikan lele 7 Kg ke darat. Silahkan berkunjung atau order online di Toko Pancing Tanjung: 100 m Timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten.  Mas bro bisa juga order online ke http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Blog Toko Pancing Tanjung.

  • Ujung Tanduk Joran
Ujung tanduk joran kami sarankan menggunakan tanduk kambing. Silahkan beli di Toko Pancing Tanjung atau Toko Pancing Wirawan, karena tanduk yang dijual sudah dihaluskan sehingga senar pancing tidak mudah menggulung-gulung seperti jika mas bro mendapat ujung tanduk yang kasar belum dihaluskan.  Silahkan berkunjung atau order online di Toko Pancing Tanjung: 100 m Timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten.  Mas bro bisa juga order online ke http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Blog Toko Pancing Tanjung.

Nah itu seputar pengalaman tim kami dalam mancing ikan lele di kolam ikan lele dengan teknik nyekrik. Happy strike Mas broooo










2 komentar:

Mohon maaf, berhubung sangat maraknya komentar-komentar yang tidak sesuai (spam) seperti komentar iklan agen judi dan lainnya, maka komentar akan kami saring dulu sebelum ditampilkan. Demi kenyamanan pembaca. Terimakasih gan.