Jumat, 27 Maret 2015

Hasil Petualangan Mencari Senar Pancing (Nylon bukan PE) | Terbaik - Tipis, Kuat, Ulet, Lemes, Lentur, Murah

Banyak inbox masuk di facebook kami tentang bagaimana milih senar pancing (beberapa tempat menyebutnya nylon tapi bukan PE) yang bagus dan dimana mendapatkannya. Meskipun sebenarnya senar pancing (nylon bukan PE) itu relatif, tapi paling tidak saya akan jelaskan yang paling baik menurut saya dan telah direkomendasikan banyak pemancing.

Senar pancing (nylon bukan PE) yang baik menurut kami adalah senar pancing  yang memenuhi syarat-syarat ini:
1. Senar pancing yang terbaik haruslah ulet. Senar pancing (bukan PE) yang baik harus ulet atau kuat, yaitu tetap tidak putus pada tarikan ikan yang kuat atau ikan-ikan besar dan lincah. Lalu bagaimana senar pancing itu bisa dianggap ulet? Gini gan, kalau senar pancing ukuran 0,23 mm mampu mengangkat ikan seberat 2  - 2,5 kg dari air sampai ke darat setinggi 80 cm atau 1 m, itu baru dianggap senar pancing yang kuat atau ulet. :). Meskipun senar pancing harganya 1 juta sekalipun kalau cuma putus ya namanya ulet-uletan, hehe. Jangan terpancang harga, gan.. tapi "BUKTI KUALITAS SENAR PANCING" itu  yang paling penting. Pada kenyataannya, tim kami banyak membuktikan senar-senar pancing yang tidak mahal tapi ulet dan kuatnya minta ampun.

2. Senar pancing yang terbaik haruslah lentur. Senar pancing yang lentur disini maksudnya adalah tidak kaku, lemes, sehingga ketika ujung joran digerakkan maka pelampung tidak ikut bergerak. Senar pancing yang lemes ini sangat penting baik untuk mancing ikan di kolam ataupun rawa, waduk sungai, sebab ketika terhembus angin maka senar pancing tidak mengakibatkan pelampung bergerak. Bagi pemancing di kolam yang menggunakan sistem nyekrik atau setek (mancing tanpa umpan), senar pancing yang lemes ini sangat penting kail pancing tetap akan bergerak lincah ketika joran dihentakkan, sehingga ikan tidak terlepas. Disini mulai kami tekankan lagi bahwa harga SAMA SEKALI bukan patokan untuk mendapatkan senar pancing yang bermutu. Banyak yang murah tapi kelenturannya sangat bagus, bahkan sangat ulet, tak harus keluarin gocek ber merah-merah.... :)

3. Senar pancing yang terbaik itu harganya tetap murah  atau terjangkau meskipun kualitasnya super. Kok bisa yah? Bisa, sebab harga tidak hanya dipengaruhi kualitas produk tetapi juga dipengaruhi banyaknya tengkulak / pialang ataupun toko grosir yang menyebarkan produk. Semakin banyak pialang ataupun toko grosir yang dilalui produk dari pabrik sampai ke pembeli, maka akan semakin mahal harganya sebab setiap pialang ataupun grosir akan mengambil untung dari produk itu sehingga harga menjadi mahal. Senar pancing yang baik, meskipun kualiatsnya baik, banyak yang tidak melalui terlalu banyak tengkulak atau toko grosir sehingga harganya relatif murah.

4. Senar pancing terbaik haruslah mampu menahan tarikan ikan yang tiba-tiba atau menghentak (suddenly). Hal ini dimiliki oleh senar pancing yang memiliki keregangan (kemoloran) cukup, yaitu mampu sedikit molor ketika ditarik dengan keras. Molor ini sangat penting untuk ketahanan senar dari hentakan ikan yang cepat. Akan tetapi terlalu molor juga mengakibatkan kurang nyaman dipakai.

5. Senar Pancing Terbaik haruslah tipis tapi berkekuatan tinggi. Maksud tipis disini adalah tidak tebal akan tetapi memiliki kemampuan yang sama dengan senar pancing lain yang lebih tebal. Senar pancing yang tipis menjanjikan kenyamanan dan enak dipakai.

Berdasarkan syarat-syarat itu, maka kami rekomendasikan untuk mengunakan dua  senar  Senar Pancing yang sudah kami uji, yaitu senar pancing OPT-HC dan HCN.



Senar pancing OPT-HC ini memiliki banyak sekali kelebihan dalam harganya yang cukup terjangkau atau murah, diantaranya adalah:

  • Senar Pancing OPT-HC Samar di air. Sifat senar pancing OPT-HC ini sangat samar di air, sehingga ikan banyak yang tidak menyadari bahwa itu adalah senar pancing. Ikan tidak terbirit-birit ketakutan pada senar pancing OPT-HC yang samar di air ini. Sifat samar di air pada senar pancing OPT-HC ini bukan saja karena warnanya yang sangat mirip dengan air, akan tetapi juga karena diolah secara khusus dengan fluorocarbon coated  yang sangat handal, dengan teknologi USA.
  • Senar pancing OPT-HC sangat cepat tenggelam di air (fast sinking). Sifat cepat tenggelam di air pada senar pancing terbaik OPT-HC ini sangat menguntungkan pemancing, sebab gerakan angin dan arus permukaan air tidak akandapat menyeret senar pancing kesana-kemari. Disamping itu juga senar pancing yang tenggelam pada senar pancing OPT-HC ini menunjukkan kelas tinggi dan gak malu-maluin.  Senar pancing OPT-HC ini mudah tenggelamkarena diolah secara khusus untuk menciptakan kondisi berat yang besar di air.
  • Senar pancing OPT-HC sangat kuat. Hasil pengalaman dan survay banyak pemancing yang kami kenal selalu mengatakan bahwa mereka sangat puas dengan kekuatan senar pancing OPT-HC karena jauh lebih tangguh dibandingkan dengan berbagai senar pancing lain yang seukuran dalam menghajar dan melemparkan ikan besar.
  • Senar pancing OPT-HC sangat lemes, lemir, tidak kaku. Sifat senar pancing OPT-HC yang lemes ini jelas memberikan kenyamanan yang tinggi bagi pemancing. senar pancing yang lemes tidak akan membuat pelampung mudah bergoyang-goyanmg saat ujung joran digerak gerakkan, juga sifat senar pancing yang lemes akan memberikan kebeasan yang besar pada kail untuk bergerak. Berbeda dengan senar pancing yang kaku pada umumnya membuat kail susah bergerak secara bebas sehingga kurang jitu dalam mengenai ikan yang dipancing.
  • Senar pancing OPT-HC memiliki kelenturan yang cukup, mampu sedikit meregang saat menghajar ikan yang menghentak-hentak. hal ini menjadikan senar pancing OPT-HC tahan terhadap hentakan-hentakan ikan, tidak mudah putus menghadapi ikan yang meronta-ronta dengan kuat. Ini jarang agan dapatkan pada senar pancing lainnya.



Sedangkan untuk senar pancing HCN ini masih baru. Senar pancing berkualitas bagus, ulet, kuat, lemes, lentur merek HCN ini produk USA yang menggunakan bahan-bahan dari Jepang. Tidak semua produk USA sebagus merek HCN ini gan, bahkan produk USA umumnya kaku. Pastikan pakai yang merek HCN ini saja.

Sifat senar pancing HCN produk USA ini memiliki kekuatan atau keuletan yang besar dibanding banyak senar pancing umum yang telah kami uji, yang seukuran. Disamping ulet dan kuat, senar pancing HCN ini cukup elastis atau memiliki kemoloran yang pas, sangat tahan terhadap hentakan-hentakan ikan yang bergerak cepat secara mendadak (suddenly), jadi bikin kita makin percaya diri (PD) saat memakainya. Senar pancing HCN ini pas dan enak banget dipakainya gam, baik buat mancing pakai umpan maupun setekan (nyekrik) tanpa umpan. Senar pancing HCN juga termasuk lemes atau tidak kaku, sangat cepat tenggelam (fast sinking) seperti yang agan-agan cari selama ini.

Satu lagi kelebihan dari senar pancing terbaik merek HCN ini adalah sangat tahan terhadap gesekan-gesekan lobang ujung joran. Senar pancing merek HCN sangat tahan cacat akibat gesekan-gesekan ini hingga pastinya tidak mudah butus akibat cacat.

Untuk mendapatkan senar pancing terbaik OPT-HC  dan HCN yang Asli, agan bisa kontak ke penjual yang telah dipercaya dalam penjualan online, yaitu kontak ke operator rekan kami ini: 085865245388, sudah terjamin dan biasa untuk transaksi online. Tapi sekali lagi kedua merek senar pancing terbaik terkuat dan ulet ini gak mudah mendapatkannya, barang sangat cepat habis, stok sering juga kosong, sehingga kami anjurkan agan-agan kontak dulu sebelum dateng ke tokonya. Kontak darat: Toko Pancing Tanjung, alamat: 100 meter timur pasar Tanjung, Tanjung, Juwiring, Klaten, Jawa Tengah. Pin BB 790B1161.

Alamat tersebut sangat jelas, lengkap dan bisa dibuktikan keberadaannya secara langsung, bukan toko fiktif apalagi tipu-tipu sebab bisa dibuktikan secara langsung oleh agan keberadaannya. 

Selama agan membeli secara online dari pihak yang kami rekomendasikan, maka hilangkan keraguan untuk tertipu, sebab kami telah melakukan banyak penyelidikan terdahulu sebelum membuat rekomendasi.

Agan bisa juga lihat langsung artikel dari tokonya untuk senar pancing yang sangat tipis kuat dan lentur ini: http://tanjung-pancing.blogspot.co.id/2013/01/senar-pancing-segala-kualitas-segala.html. Klik aja link tersebut gan.











Selasa, 20 Januari 2015

Petualangan Sukses Mancing Ikan Nila di Rawa dan Sungai

Mancing .... mancing .... mancing ... pokoke mancing ..... Mancing Ikan Nila ...

Mancing apalagi memancing ikan nila emang bikin ketagihan seumur-umur. Saking ngebetnya, sampe sampe banyak pemancing gak perhatikan cuaca entah panas entah dingin  entah hujan... pokoke mancing.

Kalau mau sukses mancing ikan nila, sebenernya sih perlu memperhatikan berbagai hal biar dapetnya lumayan. Inipun sifatnya cuman sekedar usaha, keputusan ada pada yang diatas apakah mas bro-masbro akan diberikan hasil mancing yang banyak atau dikit atau gablug sama sekali :D  Beberapa hal yang penting buat diperhatikan buat mancing ikan nila (sekedar berbagai pengalaman mas bro ... sukur sukur bisa bermanfaat buat sukses mancing ikan nila nya):
  • Pertama, perhatikan cuaca saat mau berangkat
Banyak para pemancing ikan nila entah di rawa atau di sungai atau di waduk yang kurang perhatiin cuaca, asal kondisi cerah / terang langsung kabur bawa alat pancing. Sah-sah aja sih bro..., hanya saja biasanya ikan nila mau makan atau tidak tuh banyak dipengaruhi kondisi cuaca. Ciri-ciri cuaca yang bagus buat mancing ikan nila adalah jika saat pagi sekitar jam 8.00 mas bro merasakan gerah agak berkeringat (sumuk) dalam kondisi tidak habis kerja atau emang karena cuacanya gerah..., nah tuh jaminan sertipikat kalo mas bro berpeluang dapet ikan nila yang banyak entah di rawa, sungai, atau waduk. Sebaliknya kalo pagi sekitar jam 8.00 mas bro masih merasa kedinginan, pastinya bakal susah makan tuh ikan nila ... tapi jangan nyerah mas bro, ada tipsnya buat atasi ikan nila yang susah makan.

  •  Jangan monoton pake umpan dalam mancing ikan nila
Umumnya pemancing nila monoton pake umpan lumut buat dapetin ikan nila. Kalo gak pake lumut ogah mancing ... nah mas bro mau dapetin ikan nila atau mau celupin lumut ke sungai / rawa? kalau mau mancing dan dapetin ikan nila ya harus jeli ngumpanya mas bro, jangan pokoknya lumut atau mending mati berkalung lumut, hehe....
Ini hasil petualangan kami dalam pake umpan. Jika mas bro mancingnya di sungai, perhatikan kondisi air bening atau keruh. Jika kondisi air keruh dan cenderung aliran airnya agak deras atau deras, dijamin tewas dah kalo mas bro mancing pake lumut. Kondisi air keruh dan aliran air agak deras ikan nila lebih terangsang ama cacing mas bro. Tapi kalo kondisi air bening dan tenang, pake umpan cacing bakalan dilibas habis sama umpan lumutnya. Umpan lumut sangat jitu buat mancing ikan nila kondisi beginian, kondisi air bening dan cenderung tenang.
Kalo mas bro mancingnay di rawa atau bendungan atau waduk, favorit ikan nila emang lumut. Akan tetapi ketika ikan nila lagi gak doyan makan, maka paki tips sukses berikut:
  1. Pakai cacing buat umpan
  2. Gerakkan naik turun secara perlahan lahan joran mas bro hingga umpan ikut bergerak naik turun macam push up. Gerakan naik turun umpan cacing ni lama-kelamaan menggugah selera ikan nila yang lagi gak doyan makan.
  3. Kalau perlu pakai essen yang amis-amis, misalnya essen produk stella banyak tuh yang ais-amis.
Nah itu tips-tips khususnya mas bro. Kalo yang lain mah umum-umum. Yang juga cukup penting tapi jarang diperhatikan pemancing adalah warna senar pancing. Jarang ada yang tau kalau ikan nila lebih suka mendekat senar pancing yang berwarna kekuningan. Pernah diuji coba menggunakan beberapa senar pancing secara bersamaan, ternyata senar pancing yang berwarna kuning jauh lebih banyak dapetin ikan nilanya. Kalau kami mah buat mancing ikan nila lebih gemar dengan Orca Eagle yang kekar dan berwarna agak kekuningan, atau Orca Hoshino. Kalau mau pake yang lebih bagus lagi tapi murah ya apalagi kalau bukan Ogawa Qianliu....??? Senar pancingnya tipis, lentur, kuat sekali. kalau di rawa, mas bro cukup pakai senar pancing Orca Eagle 018 atau 020 sedangkan kalau di waduk sangat dimunginkan ada ikan master babon yang besar besar sekali, bisa pakai senar pancing Orca Fly Fishing atau mahalan dikit pakai OGL 025 / 026 - 028. Kalau pakai 028 mendingan pakai OGL yang jauh lebih tipis dibanding 028 senar lainnya. Dapetinya  Kalo di sekitar Sukoharjo, Solo, Delanggu, Wonosari, dan sekitarnya ke Toko Pancing Tanjung sekitar 100 m Timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten. Kalo mas bro rumahnya jauh dari situ, bisa tuh order online. Klik aja sini mas bro buat beli senar pancing online
NB.
Sudah ada noh kail pancing baru yang jitu banget buat mancing ikan nila di sungai. Kail Pancing Merk V-TRO atau vitro, tapi saya belum tahu di Toko Pancing  Tanjung atau Toko Pancing Wirawan dah tersedia atau belum. Harganya sedeng, gak mahal gak juga terlalu murah, sedeng dan terjangkau. Buat mancing di rawa yang ikan nila nya kisaran 3 jari sampai 6 jari enak banget pake kail pancing V-TRO No 6 atau No 7. Buat yang ikannya 6 - 10 enak banget pakai kail pancing V-TRO No


 Salam strike mas bro .... moga sukses mancingnya ...




Senin, 19 Januari 2015

Petualangan Mancing Kolam Lele Model Galatama

Happy Strike mas Brooo


Kali ini kita ngobrol tentang petualangan mancing ikan lele sistem galatama. Mancing ikan lele Sistem galatama ini sebenernya merupakan sistem kompetisi atau pertandingan mancing ikan lele di kolam yang paling standar, yaitu merebutkan hadiah kemenangan. Biaya partisipasi mancing galatama lele biasanya berkisar Rp 10.000,- per jam, ada juga yang Rp. 10.000 per 30 menit,  sampai  Rp. 25.000,- per dua jam. Sistem pembayarannya emang dihitung per jam atau per setengah jam atau per 2 jam suka suka pemilik kolam ikannya. Ikan yang terpancing dihitung bobot dan jumlahnya, kemudian dikembalikan lagi ke dalam kolam. Pemenang mancing galatama ikan lele biasanya diambil dengan kriteria juara 1 ikan lele master (ikan terbesar/ TB), juara omset atau ikan lele terbanyak jumlahnya, dan ada juga yang memberikan bonus seperti untuk juara ikan lele terkecil (TK), juara ikan lele bule, juara ikan sapu-sapu, juara ikan patin, dan lainnya. Juara bonus ini gak seberapa sih nilainya, tapi lumayan buat happy happyyyy. 

Ada sistem mancing  ikan lele di kolam galatama yang berbeda-beda. Seperti kalau di wilayah Kecamatan Pedan Kab Klaten menerapkan sistem bebas, yaitu boleh dengan umpan ataupun tanpa umpan (nyekrik / nyetek/ badik). Ada yang menetapkan ukuran kail pancing atau mata pancing maximal no 10 dan ada juga yang mengharuskan pemotongan duri kail (ri pandan), seperti di Selogiri misalnya. Pada permainan mancing ikan lele sistem galatama ini umumnya ikan naik dengan jaring atau sistem sodo, jadi pemancing hanya bertugas strike sampai ikan lele minggir ke tepian kolam pancingan galatama.

Hal-hal penting yang dapat membantu kemenangan mancing di kolam galatama ikan lele:

1. Cara mengikat kail pancing atau mata pancing
Mancing galatama ini umumnya menggunakan senar pancing yang tipis, sehingga mudah putus tepat diatas kail jika penalian kail kurang sip. Loh apa hubungannya??? hmmm, sepintas cara penalian kail pancing asal dianggap kenceng dah seperti gak berhubungan dengan senar putus tepat diatas kail pancing. Padahal ... wooow hubungannya sampai 90%. 
Mas bro lihat aja bagian lobang kail pancing yang untuk lewat senar pancing. Lihat teliti, ada bagian kasar pada ujung besi yang dilingkarkan, tepat pada pertemuan ujung besi yang dilingkarkan dengan badan kail. Nah loh, ketika senar pancing atau tali pancing menggesek sedikit saja pada bagian itu saat strike, pastiiii senar pancing terputus, seolah-olah putusnya diatas kail, sebab kail hilang da ujung senar pancing yang putus seperti ada kerutan bekas tali.  Atau hal lain yang sebabpin senar pancing putus saat strike ikan lele galatama ini adalah akibat tali kail yang kurang hot, hingga senar pancing menggelincir sedikit pada kail saat strike. Akibatnya senar pancing mengalami gesekan dengan besi kail saat strike, nah pastiii putus dan putusnya terkesan tepat diatas kail. Rasain looo....
Solusinya adalah buat tali kail yang hot mas broo. Caranya: (1) Masukkan ujung senar pancing ke lobang kail dari depan, jangan belakang; (2) tarik ke bawah agak panjang kira-kira dua telapak tangan ( 2 kilan); (3) lilitkan pada leher kail dari bawah ke atas (jangan dari atas ke bawah, sebab DIJAMIN senar pancing PUTUS saat strike); (4) Masukkan ke lobang kail tempat semula senar pancing masuk ke lobang kail (jangan langsung dimasukkan pada bagian lingkar senar pancing di bawah, (5) Baru mas bro masukkan ke lingkaran lobang senar, dan tarik kenceng. (6) Buat tali kunci, yaitu lilitkan ujung senar pancing ke badan kail dan ikatkan dengan cara tali biasa , sukur 2x. ==> Dijamin siap strike 10 Kg ikan lele hanya dengan senar pancing berkualitas, ukuran 023 -025 mm saja, tanpa putus tepat diatas kail.... Sukses dah mancing galatama lele  mas broo
2. Penggunaan senar pancing yang bertuah / hoki
Loh kok bertuah yah mas broo?? hehe jangan salah dulu mas bro, bertuah disini maksudnya  tuh senar pancing tipis dan susah dilihat ikan, jadi gak buat ikan di kolam galatama lari ngiprit ketakutan. Kalo senar pancing terlalu tipis apa gak mudah putus mas bro??? hehe tergantung senarnya. Makanya pakai senar pancing raja galatama yaitu  OPT-HC atau senar pancing HCN atau kalau mas bro apes kehabisan dua senar pancing Dewa Syiwa  tuh, pakai aja senar pancing  Orca Eagle. Mengapa senar pancing OPT-HC yak Mas bro??? senar pancing OPT-HC itu sangat tipis mas, misalnya dibandingkan dengan senar pancing lain yang seukuran, senar pancing OPT-HC lebih tipis meskipun andaikan ukurannya sama-sama 0,23 misalnya. Kekuatannya? Jangan tanya mas bro.... Makanya disebut senar pancing yang hoki. Kalau HCN, ukurannya sama atau rata-rata denga senar pancing umum, tapi diproses khusus dengan Fluoro Carbon tingkat tinggi sampe ikan seperti buta gak mampu lihat senar pancing ni.  Ni juga sangat hoki, sebab ikan dijamin tanpa ngiprit ketakutan, juga kuatnya superrrrrr mas bro. Harganya .... lumayan murah, makanya jarang yang tau, sebab rata-rata pemancing mikirnya senar pancing berkualitas pasti mahal. Wah itu gak berlaku buat senar pancing Dewa Syiwa yaitu OPT-HC dan  HCN. Kalo Orca Eagle itu buat pengganti yang apes gak dapetin dua senar pancing tuh. Harganya juga paling murah banget, kekuatan oke bener. Bingung dapetinnya dimana? hmm, dua toko pancing langganan kami mas bro. Kalo di wilayah Kec. Juwiring, Wonosari, Delanggu, Karangdowo, Pedan, Sukoharjo dan sekitarnya, langsung aja ke Toko Pancing Tanjung, 100 m timur Pasar Tanjung, Tanjung, Juwiring, Kab. Klaten. Untuk mas bro mas bro yang jauh, langsung aja order online sms ke 085865245388 Operator online Toko Pancing Tanjung. Pasyikan mas bro hoki mancing galatama lelenya dengan senar pancing OPT-HC, HCN, atau Orca Eagle.
3. Ketepatan pemilihan Joran Pancing
Loh ada hubungan antara joran pancing dengan kejuaraan mancing  galatama ikan lele kah? Ada banget mas bro. Kalo joran pancing yang mas bro pake buat mancing galatama ikan lele terlalu kaku, maka ini gak sesuai dengan senar pancing yang tipis. Kurang lenturnya joran pancing mudah sebabkan putusnya senar pancing.  Kalo mas bro gemar dengan joran pancing bahan carbon, kami sarankan pake joran carbon Ogawa Onyx. Ogawa lagi yah? Iya, soalnya produk Ogawa paling dirancang buat mancing jitu. Ogawa Onyx merupakan micro solid stick bahan  carbon yang tak terlalu kaku, paling enak dan tepat buat galatama lele. Kalo terlalu lentur juga kurang enak buat strike nya, sebab jadi susah buat strike ikan besar, terlalu melengkung. Micro stick lain yang enak banget  buat petualangan mancing galatama ikan lele adalah Golden Fish ujung kecil tapi ini sangat susah didapet di Jawa Tengah. Gampang dan tepat pake aja Ogawa Onyx. Dapat diperoleh juga di dua toko pancing langganan kami: Kalo di wilayah Kec. Juwiring, Wonosari, Delanggu, Karangdowo, Pedan, Sukoharjo dan sekitarnya, langsung aja ke Toko Pancing Tanjung, 100 m timur Pasar Tanjung, Tanjung, Juwiring, Kab. Klaten. Untuk mas bro mas bro yang jauh, langsung aja order online sms ke 085865245388 Operator online Toko Pancing Tanjung. Pasyikan mas bro hoki mancing galatama lelenya dengan joran pancing dari bahan carbon Ogawa Onyx, atau Golden Fish.
 4. Umpan Pancing Galatama Lele
Nah lo... sampe juga pada umpan. Ini buat penggemar umpan pada saat mancing galatama ikan lele, atau jika sistem mancing galatama hanya dibolehkan pake umpan dan dilarang nyekrik atau setek. Umpan yang bagus kira-kira apa yah mas bro...???? 
mmmmm, kalau umpan galatama lele sebenernya kondisional, artinya suatu umpan itu hanya bagus dalam kondisi tertentu. Misalkan umpan cacing pospor bagus dalam kondisi hujan, belum tentu bagus pada kondisi cerah, sebab biasanya cuaca sangat mempengaruhi selera ikan lele. Jadi gak bisa dibilang ada umpan mancing galatama lele yang paling bagus, yang ada tuh umpan mancing galatama lele yang paling tepat dalam kondisi tertentu.
Disini coba kami berikan beberapa umpan pancing yang pernah dan paling sering memenangkan mancing galatama ikan lele, meskipun belum tentu cocok buat lokasi yang berbeda, sebab cuaca juga berbeda antara lokasi tempat mas bro dengan lokasi kami.
  1. Ikan mas komet, ikan balon putih. Buat galatama ikan lele, apalagi kalo pemancingnya belum pernah pake umpan dari ikan mas komet mentah, biasanya jitu banget umpan ini. Pake murnian aja mas bro, ikan mas komet ukuran kira-kira panjang 4 cm dimatiin, dipotong jadi 3 bagian, terus pake aja langsung buat mancing galatama lele. Ikan balon yang kecil kecil 1,5 cm juga bisa dipake, cuman lebih boros. Jika ikan lele dah mulai bosen, coba aja mas bro rendam ikan mas komet atau ikan balon yang dah dipotong dalam air cuka selama 3 jam, kemudian rendam dalam air hangat selama 10 menit biar aroma cuka gak terlalu menyengat. 
  2. Cacing pospor. Cacing pospor sangat bagus buat galatama ikan lele, sebab darah cacing pospor ini agak menyala diwaktu malam, mudah dilihat ikan. Murian juga bagus, atau ditambah essen essen, atau juga direndam dalam air cuka selama 6 jam keudian rendam dalam air hangat selam 10 menit agar aroma cuka tak terlalu menyengat.
  3. Daging Keong atau siput bakar. Daging keong juga bisa dijadiin alternatif umpan mas bro. Daging keong di bakar biar aroma keluar, udah itu bungkus rapat dalam plastik agar panasnya bertahan dan aroma gak cepet habis. 
  4. Pelet Merah King / Red King produk Stella. Pelet Merah King / Red King dari Stella product ini berkali kali memenangkan galatama lele. Caranya pelet merah King produk Strella di beri air hangat, di buat samapai seperti tanah liat, gunakan buat umpan dan bom ikan. Bisa juga ditambah kuning telur bebek secukupnya.
  5. Ulat hongkong lembut. Caranya ulat hongkong direndam dalam air cuka sekitar 10 jam atau lebih sampai ulat menjadi lembut. Rendam ulat hongkong tersebut dalam air hangat sekitar 10 menit, gunakan buat mancing galatama.
  6. Daging busuk. Wah ini sebenernya kurang dianjurkan sebab bisa bikin muntah tetangga lapak mas bro. Tapi kalo terpaksa pake mah, ini jitu banget. Caranya busukkan daging ayam se busuk-busuknya, langsung aja buat mancing galatama lele, banyak menangnya mas brooo. 
5. Berdoa ---- doa biasa aja gak usah ke dukun dukun, sebab dukunnya aja galatama jarang menang mas bro, hehehhe. Gak percaya? coba tantang si dukun buat mancing galatama, lihat aja, dijamin keok, kwkwkkww.

Sampai jumpa lagi mas broo... happy strike, semoga sukses petualangan mancing galatama lelenya.



Selasa, 13 Januari 2015

Mancing Ikan Lele Cekrikan (Tanpa Umpan) di Kolam Ikan Lele

Salam strike, salam ketemu lagi mas bro ...

Ini saatnya kita berbagi pengalaman mancing ikan lele di kolam ikan lele dengan cara nyekrik ato tanpa umpan. Temen-temen tim kami banyak yang suka nyebutnya nyetek ato setekan, itu istilah mancing tanpa umpan, Loh Kok Bisa? Bisa banget bro, malah kecepatan mancing ikan lele dengan nyekrik ini jauh lebih cepet dapetnya. Jika mancing ikan lele pake umpan dalam 5 menit belim tentu dapet 1, kalo nyekrik mungkin dah dapet 2 mas bro. 

Nyekrik atau nyetek ato setekan ini mancing dengan cara menunggu ikan menabrak senar pancing ato kail pancing, juga mencari kemungkinan ikan lele mendekam tepat dibawah kail pancing. Kemungkinan lain adalah mencari peluang dapet ikan dengan canya menyeser ikan, jadi pada tempat yang dicurigai ikan mendekam, didekat tempat itu kail dijatuhkan kemudian diseret pelan-pelan. Kalo tiba-tiba terasa kail menyangkut sesuatu atau terasa ada gerakan atau tiba-tiba pelampung masuk ke air karena terseret ikan yang kegelian kena kail, maka langsung aja joran dihentakkan kuat-kuat lurus ke atas, biasanya ikan lele langsung kecantol kail. 

Buat mancing di kolam ikan lele dengan cara nyekrik ini, yang terpenting adalah dengan cepet paham jalur-jalur yang biasa dilalui ikan, seperti pinggiran kulam jarak 5 jari atau satu telapak tangan dari dinding kolam ikan lele, atau di tengah kolam yang biasa ikan ngambil napas ke permukaan, atau di tempat yang jelas biasa dilalui ikan lele yang lewat. Hapal saja lokasi itu, kemudian jatuhkan kail di lokasi tersebut, maka dalam waktu cepat mas senar pancing mas bro akan tertabrak ikan. kalo tiba-tiba pelampung dengan cepat masuk ke air, maka langsung aja sentakkan joran lurus ke atas, jangan ke samping, sebab kalo kesamping yang akan kecantol kail adalah tetangga lapak mas bro, bukan ikan. 

Kalo mancing dengan cara nyekrik ini banyak hal penting yang harus diperhatikan, seperti:
  • Senar pancing
Gunakan senar pancing yang benar-benar kuat sebab dalam macing ikan lele dengan cara nyekrik ini mas bro harus menghentak dengan kuat ke atas saat pelampung bergerak. Senar pancing yang kurang bermutu mudah sekali putus menghadapi hentakan yang kuat sekali. Kami rekomendasikan tetepa menggunakan senar pancing Orca Eagle, atau jika mas bro beruntung dapet senar pancing terbaik OPT-HC atau HCN, itu lebih kami anjurkan. Mas bro yang tinggal di dekat wilayah Kecamatan Juwiring, Kec Delanggu, Kec Wonosari, Kota Sukoharjo atau sekitarnya bisa langsung ke toko pancing langganan kami di Toko Pancing Tanjung: 100 m Timur Pasar Tanjung, Juwiring. Mas bro bisa juga order online ke http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Blog Toko Pancing Tanjung. Senar pancing OPT-HC merupakan senar pancing yang sangat tipis tapi kuatnya luar biasa, lemas atau lentur, dan pas buat nyekrik atau setekan. Tipis menjadikannya tak tampak oleh mata ikan. Senar pancing HCN sangat hoki, ikan mudah menabrak. Kekauatannya bisa diandalkan, tahan hentakan ikan besar, tapi tak setipis OPT-HC. Kedua raja senar pancing bermutu itu saat ini sulit didapat, jadi kami rekomendasikan senar pancing Orca Eagle saja. 
Untuk nyekrik biasanya ikan harus diangkat dengan joran pancing sampai ke darat, tanpa bantuan jaring atau tangan, kecuali buat mancing galatama. Buat sistem angkat ikan dengan joran ini, untuk ikan dibawah 2 Kg agan gunakan saja Orca Eagle 0,23. Untuk Ikan dibawah 3 Kg, gunakan saja Orca Eagle ukuran 025, sedangkan untuk 3-3,5 Kg Gunakan Orca Eagle 028, dan untuk kisaran 4 Kg gunakan Orca Eagle 030.

  •  Kail Pancing / Mata Pancing
Kail pancing buat mancing ikan lele cara nyekrik dan ikan diangkat dengan joran ke darat, diutamaan yang berukuran agak besar dan tebal, lebih besar dan tebal dari umumnya  sebab sistem angkat joran ini biasanya kail standar akan melurus sehingga ikan jadi lepas ketika diangkat ke permukaan, Kami anjurkan menggunakan kail pancing Sabpolo Iseama (sabpolo tebal) berukuran 12-15. Sabpolo Iseama ukuran 12 ini sedikit lebih besar dari sabpolo Idu atau kail pada umumnya berukuran 15. Kail yang kecil akan bengkok saat ikan diangkat ke darat, sebab ini bukan galatama yang hanya strike saja kemudian ikan diangkat pakai jaring. Selain Sabpolo, Kail pancing yang lebih murah dan lumayan bagus bisa di tanyakan di kedua toko pancing langganan kami yang telah kami sebutkan diatas. Dapatkan di Toko Pancing Tanjung: 100 m Timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten.  Mas bro bisa juga order online ke http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Blog Toko Pancing Tanjung.

  •  Pelampung
Ketetpatan pilihan pelampung menjadi salah satu kunci utama memancing ikan lele di kolam pancingan dengan cara nyekrik atau setek ini. Gunakan pelampung busa benang kecil berbentuk segi tiga (kerucut). Kelebihan pelampung busa benang berbentuk segitiga atau kerucut ini adalah mudah tertarik oleh senar pancing yang tersangkut ikan lele tanpa membuat senar pancing terlepas dari tabrakan ikan lele. Pelampung berukuran kecil lebih peka dan tidak membuat senar pancing terlepas dari tabraka ikan lele. Pelampung busa benang khusus ini dimiliki oleh kedua toko pancing yang telah kami sebutkan diatas.

  • Joran Pancing
Joran pancing buat mancing nyekrik atau setekan sistem angkat stik ini sebaiknya yang kaku, baik dari bahan fiber ataupun carbon. Jika mas bro suka dengan joran carbon yang keren dan agak mahal, gunakan saja stik micro solid (tidak berlobang) merk Ogawa Onyx atau Ogawa Ebony. Golden Fish Micro Solid juga handal digunakan, tapi agak sulit di dapat di Jawa Tengah. Kelebihan Micro Solid merk Ogawa Onyx dan Ogawa Ebony adalah meskipun kaku tapi masih mengandung kelenturan dari ujung sampai pangkal, sehingga senar pancing yang tipis tidak mudah putus buat angkat ikan ke darat. Mengapa? Karena saat ikan meronta ketika diangkat ke darat, joran masih mau melentur mengikuti gerak ikan, tidak aku seperti besi. Hal ini menjadikan senar pancing tidak terlalu terhentak ketika ikan meronta, sehingga meskipun ukuran senar kecil masih bisa terselamatkan saat ikan meronta. Kunci kelebihan Micro Stick Ogawa Onyx dan Ogawa Ebony adalah masih ada lenturnya mas brooo. Untuk yang fiber harganya sangat murah seperti micro solid merk Golden River. hanya kisaran 10.000,- harganya (naik turun dikit sekitar itu), tapi sudah cukup buat angkat ikan lele 7 Kg ke darat. Silahkan berkunjung atau order online di Toko Pancing Tanjung: 100 m Timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten.  Mas bro bisa juga order online ke http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Blog Toko Pancing Tanjung.

  • Ujung Tanduk Joran
Ujung tanduk joran kami sarankan menggunakan tanduk kambing. Silahkan beli di Toko Pancing Tanjung atau Toko Pancing Wirawan, karena tanduk yang dijual sudah dihaluskan sehingga senar pancing tidak mudah menggulung-gulung seperti jika mas bro mendapat ujung tanduk yang kasar belum dihaluskan.  Silahkan berkunjung atau order online di Toko Pancing Tanjung: 100 m Timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten.  Mas bro bisa juga order online ke http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Blog Toko Pancing Tanjung.

Nah itu seputar pengalaman tim kami dalam mancing ikan lele di kolam ikan lele dengan teknik nyekrik. Happy strike Mas broooo










Petualangan Mancing di Kolam Ikan Lele Pake Umpan A.K.A Telepan

Salam Strike di kolam  Ikan  Lele Mas Bro Mas Bro...

Seneng banget nih berkesempatan berbagi pengalaman mancing ikan lele di kolam pake umpan alias telepan (istilah di Klaten). Sebenernya kami gak hanya mau berbagi cerita aja nih, tapi yang terpenting malah  bagi-bagi ilmu dan pengalaman tentang mancing di kolam ikan lele pake umpan a.k.a telepan non galatama, siapa tau bisa bermanfaat.

Disini kita ngobrol masalah mancing ikan lele di kolam dengan umpan yang menggunakan sistem arisan atau wul-wulan aja dulu mas. Biasanya sih mancing di kolam ikan lele sistem telepan  ini ikan yang diperoleh dibawa pulang. Gak beda ama beli ikan beramai-ramai, terus ikan dimasukin kolam pancingan  kemudian dipancing beramai-ramai buat rebutan. Lumayan seru mas bro ... disamping seru mancing ikannya juga seru saling meledek, jadi persahabatan makin terasa, suasana persahabatan akrab meriah, dan yang terpenting... hemat biaya gan. Soalnya ikan lele yang dipancing sistem  arisan pakai umpan a.k.a telepan ini bobotnya kecil-kecil sekitar sekilo isi 4-2, meskipun terkadang diberi sensasi 2 Kg, tapi jarang dilakukan. Makanya dengan arisan Rp. 20.000,- saja bisa mancing semalem sampe bongkok soalnya ikannya banyak. Lumayan bisa digoreng di rumah atau dipiara biar ikan hasil mancing di kolam ini cepet gedhe, mahal dijual. 

Meskipun mancing ikan lele di kolam sistem telepan atau pakai umpan ini irit, tetep aja lebih bangga kalo dapet ikan lelenya banyak, lumayan bisa buat ngeledek temen-temen, hehe. Makanya tetep perlu alat-alatr pancing yang handal membanggakan, mas bro. 

Untuk senar pancing, misalnya, mas bro harus makai senar pancing yang ulet sehingga cukup ukuran kecil saja bisa buat strike banyak ikan tanpa putus. Senar pancing bagus sangat ulet dan kuat yang kami rekomendasikan seperti senar pancing Orca Eagle (orca igel), ulet bener senar pancing ini mas bro. Kami pengalaman pakai ukuran 018 bisa buat strike dan lempar ikan ke darat seberat 1 Kg, dilempar lho gan, gak cuma pakai jaring. Untuk wilayah Delanggu, Karangdowo, Juwiring, Wonosari, dan sekitarnya bisa dapet senar pancing Orca Eagle asli  langsung di toko pancing langganan kami: Toko Pancing Tanjung, alamatnya 100 m timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten. Untuk yang jauh-jauh bahkan luar Jawa sekalipun bisa order online di http://tanjung-pancing.blogspot.com/ - Toko Pancing Tanjung  langganan kami yang barang-barangnya kami percaya banget bagus dan pilihan.

Ngobrol masalah senar pancing, mengapa kami rekomendasikan senar pancing Orca Eagle yang Asli? Yah, kalo andaikan masih kebagian stok senar pancing Ogawa Qianliu atau V-Tro (vitro), kami lebih merekomendasikan itu, sebab kami sepakat keduanya itu senar pancing kelas turnamen yang murah tapi paling ulet, bagus, dan hoki dipake. Sayangnya sekarang ini agak sulit didapet, makanya kami rekomendasikan Orca Eagle. Senar pancing Orca Eagle yang asli ini tepat buat ikan lele yang bertenaga. Senar pancing Orca Eagle sangat ulet dan tahan hentakan ikan. Disamping itu warnanya yang agak kuning kehijauan lamat-lamat itu terbukti tidak buat ikan takut, mungkin karena menyerupai lumut tipis warnanya, makanya lumayan hoki dipakenya. Yang terpenting murahnya itu mas bro, jarang sekali senar pancing semurah itu punya kualitas master kecuali Orca Eagle, mas bro. Kenapa perlu tipis? Tentu dong mas bro, senar pancing tipis tidak buat ikan takut, terus enak dipakenya, kalo bule bilang sih comfortable.  Senar pancing tipis tapi kuat bener, itu kuncinya ... Orca Eagle (orca igel). Kalo ukuran ikan mencapai sekitar 1,5 Kg, agan gunakan saja senar pancing orca Eagle ukuran 0,20 untuk main halus dan 023 untuk main cepat, dan untuk ikan 2 kg mas bro gunakan aja ukuran 023 untuk main halus dan 025 untuk main cepat.

Kalo joran bro? Wah ini juga penting, tapi jarang diperhatikan pemancing. Kalo mas bro pengen senar pancing yang tipis dipake gak mudah putus, gunakan joran yang agak lentur, baik dari bahan fiber atau carbon. Joran lentur paling enak dipake buat strike ikan kecil (kisaran dibawah 2 Kg), dan juga membuat senar pancing tipis gak mudah putus, sebab ketika ikan menyentak maka joran yang lentur akan mudah melengkung mengikuti tarikan ikan, sehingga senar pancing tak terlelu terbebani, hasilnya senar pancing tidak putus meskipun tipis. (sebenernya ini rahasia mas bro, tapi tak apalah kami kupas biar jadi pertimbangan buat mas bro waktu milih joran). Sensasi strike joran lentur sangat terasa .... Tapi ini cuma buat ikan kecil dibawah 2 Kg mas bro, kalo dah di atas 2 Kg buat angkat stik maksudnya ikan naik ke darat harus diangkat tanpa jaring atau tangan, maka joran yang kaku menjadi pilihan terbaik, dan senar pancing yang digunakan harus lebih tebal.

Kail pnting tidak? hmmm, lumayan penting bro. Kail untuk ikan lele bobot kisaran 1 kg isi 3 (atau sekitar 3 ons) enak banget pake kail ukuran 8, sedang untuk ikan bobot satu kilo isi 2 (atau 5 ons) enak banget pake ukuran 9 atau 10. Ikan mudah kena, gak mudah lepas pakai ukuran kail tersebut. Apalagi kalo mas bro pake kail sekelas V-TRO (vitro), mantaaappppp. Agak mahal dikit sih, tapi tetep terjangkau. Kalo mau yanglain berkualitas dan agak-agak murah agak agak mahal ya pakai kail pancing (mata pancing) merk Sabpolo dan Maguro Premium. Kail pancing V-TRO, Sabpolo, Maguro Premium punya banyak kelebihan, seperti tidak mudah lepas, tahan dengan tulang di mulut ikan a.k.a gak mudah tumpul, dan jarang meregang atau jarang melurus bila ikan kuat menyentak-nyentak, apalagi yang V-TRO (vitro).

Gimana biar umpan cepet dimakan ya?? hmmm kalo kami lihat mancingnya siang atao malem, gan. Kalo malem, pakai aja cacing POSPOR, cacing ini punya darah berwara kuning terang, mudah dilihat ikan lele waktu malem, dijomin hoki nempel di mas bro. Kalo siang, pakai pelet aroma kuat seperti produk STELLA, khususnya pelet Merah King (red King) produk STELLA.

Kalo ngolam lele mah asiknya .... salam strike mas bro... salam persahabatan mancing mas. Makasih dah luangkan waktu buat baca-baca blog kami. Lain waktu nyambung lagi dah di petualangan lainya.